Sunday, January 5, 2014

Paragraf Eksposisi, Persuasi, Deskripsi, dan Argumentasi


  • Paragraf Eksposisi
          Paragraf eksposisi adalah paragraf yang ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan penjelasan (explain) atau pengertian. contoh tulisan eksposisi ialah berita dalam koran dan suatu petunjuk penggunaan.


Contoh :
Berikut ini adalah cara untuk men-non-aktifkan suara (mode sunyi) untuk ponsel ada:
1) Menu
2) Pilih menu Pengaturan
3) Pilih submenu Suara
4) Pilih Mode Sunyi

  • Paragraf Persuasi
          Paragraf persuasi adalah paragraf yang ditulis dengan tujuan untuk mempengaruhi pembaca melakukan apa yang penulis tulis. Paragraf ini biasanya berisi ide, gagasan, atau pendapat penulis disertai imbauan atau ajakan kepada pembaca sehingga pembaca yakin bahwa ide, gagasan, atau pendapat penulis adalah benar dan terbukti.

Contoh :
Marilah kita semua menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya sehingga dapat menghindari banjir dan pencemaran lingkungan demi kesehatan dan kenyamanan kita semua.

  • Paragraf Deskripsi
          Paragraf deskripsi adalah paragraf yang ditulis dengan tujuan untuk menggambarkan sesuatu atau seseorang secara terperinci dan mendetil sehingga pembaca merasa benar-benar melihat, mendengar atau merasakannya sendiri.

Contoh :
Kakek itu memakai baju berwarna biru yang sudah lusuh dan basah terkena hujan yang mengguyur Jakarta sejak tadi pagi. Topinya sudah banyak lubang sehingga air hujan membasahi kepalanya yang sudah berkeriput dan rambutnya yang putih sudah berantakan karena tidak pernah disisir.

  • Paragraf Argumentasi
          Paragraf argumentasi adalah paragraf yang ditulis dengan tujuan untuk meyakinkan pembaca yang berisi penjelasan, pembuktian, alasan, maupun ulasan obyektif disertakan contoh, analogi, dan sebab akibat.

No comments:

Post a Comment